Pada tanggal 28 Agustus – 3 September 2017 kemarin telah dilaksanakan kunjungan singkat anggota Institut Atsiri ke Monash University, Australia. Kunjungan ini dilakukan oleh 2 perwakilan Institut Atsiri yaitu Dr. Elvina Dhiaul Iftitah, S.Si., M.Si. (Manajer Publikasi Ilmiah) dan Vivi Nurhadianty, ST. MT. (Deputi Wadir). Kunjungan singkat ini dilakukan bertujuan untuk melakukan inisiasi Kerjasama Internasional Atsiri Universitas Brawijaya dengan School of Chemistry, Monash University. Kerjasama yang direncanakan adalah Letter of Agreement untuk kegiatan Research Collaboration antara Institut Atsiri dengan School of Chemistry, Monash University.

Pertemuan perwakilan IA dengan Prof. Philip Marriott dan kunjungan ke Laboraturium.

Kunjungan fasilitas Laboratorium milik Prof. Philip Marriott, Monash University, Australia

Hari pertama Selasa 29 Agustus 2017, diawali dengan pertemuan anggota IA dengan Prof. Philip, Profesor School of Chemistry, Monash University. Prof. Philip menyambut baik maksud kedatangan anggota IA dan tujuan berkunjung ke Monash. Beliau sangat mendukung dan terkesan dengan profil Institut Atsiri yang disampaikan. Beliau akan mengundang beberapa experties terkait di lingkungan School of Chemistry, Monash University, untuk dapat ikut berdiskusi membahas peluang kerjasama riset di bidang atsiri dengan Institut Atsiri UB.

Dr. Elvina Dhiaul Iftitah, S.Si, M.Si yang berkunjung di fasilitas Laboratorium milik Prof. Philip

Pertemuan perwakilan IA dengan Associate Professsor Tony Patti, Ketua International Engagement, Monash University

Pertemuan dengan Associate Professsor Tony Patti, Ketua International Engagement, Monash University

Hari kedua Rabu 30 Agustus 2017, bersama Prof. Philip agenda dilanjutkan dengan melakukan pertemuan Prof. Tony Patti, dilakukan diskusi dan negosiasi mengenai bidang-bidang terkait yang dapat membantu memperluas kemungkinan kerjasama riset di bidang atsiri.

Pertemuan dengan Prof. Louis Bennett, ahli di bidang Food Technology.

Pertemuan dengan Prof. Louis Bennett, ahli di bidang Food Technology dan presentasi tentang Institut Atsiri

Masih pada hari kedua, dilanjutkan dengan presentasi profil Institut Atsiri, Road Map penelitian dan beberapa kerjasama yang sudah ada dan diskusi dengan Prof. Louis Bennett. Presentasi dan diskusi ini juga dihadiri oleh seluruh mahsiswa pascasarjana (Ph.D Student) di bawah bimbingan Prof. Philip. Prof. Louis Bennett akan menindaklanjuti peluang kerjasama dengan mengirimkan beberapa naskah jurnal penelitian beliau yang dapat dikaitkan dengan bidang Atsiri.

Pertemuan dengan Prof. Philip Marriott

Hari ketiga Kamis 31 Agustus 2017, Bertemu kembali dengan Prof. Philip Marriott, mendiskusikan draft MoU antara Monash dengan Institut Atsiri dan  Letter of Agreement untuk kerjasama riset. Draft akan disusun dengan mempertimbangkan potensi dari masing-masing pihak, termasuk sharing pendanaan, dan pertukaran peneliti dari Monash dan Institut Atsiri. Dibahas juga tentang pengadaan instrumentasi, khususnya GC-MS yang urgent harus dimiliki oleh Institut Atsiri sendiri.

Pertemuan dengan Prof. Steve Langford

Pertemuan dengan Prof. Steve Langford, pejabat di lingkungan School of Chemistry, Monash University, Australia

Hari keempat Jumat 1 September 2017, dilakukan pertemuan dengan Prof. Steve Langford, pejabat di lingkungan School of Chemistry. Bersama Prof. Philip, Prof. Steve Langford memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada Institut Atsiri untuk dibuat MoU dan LoA antara Monash dengan Institut Atsiri. Sebagai perwakilan dari Monash University, beliau bersedia ikut menandatangani dan menyetujui MoU dan LoA yang dihasilkan antara Monash dengan Institut Atsiri.

Kunjungan ke Essential Oil’s manufacturer “Bositos”

Dipenghujung short visit ke Monash University, anggota IA sempat melakukan kunjungan ke Essential Oil’s manufacturer yaitu Bosito’s. Bosito’s merupakan perusahaan yang bergerak di bidang atsiri khususnya eucalyptus oil. Beberapa produk yang dihasilkan merupakan turunan atau derivatisasi dari eucalyotus oil. Bosito’s dapat menjadikan inspirasi bagi institut Atsiri untuk mengembangkan produksi khususnya produk-produk hilir dari hasil penelitian Institut Atsiri.

Contoh Produk-produk yang diproduksi oleh Bosisto’s

Tujuan kegiatan kunjungan telah tercapai, yaitu lembaga di Luar Negeri, seperti School of Chemistry, Monash University tertarik untuk menindaklanjuti hasil kunjungan dengan dibuatnya MoU dan LoA kerjasama riset antara Monash University dengan Institut Atsiri UB.

Diperlukan komitmen antara kedua belah pihak terkait :

  1. Pemilihan topik riset yang disetujui bersama
  2. Tenaga expert yang akan mengerjakan riset
  3. Sharing funding yang dibutuhkan

Output yang diharapkan :

  1. Ada penambahan student berjenjang S2 dan S3 yang akan mengerjakan riset
  2. Ada komunikasi dengan pihak company atau industri terkait
  3. Ada keberlanjutan hasil riset dengan program berikutnya (pertukaran peneliti dan professor diantara kedua belah pihak)