PRODUK UNGGULAN INSTITUT ATSIRI UB

Beberapa produk unggulan telah dihasilkan, namun untuk mempertahankan produk tersebut memerlukan upaya yang sangat komprehensif. Produk tersebut adalah bibit nilam tetraploid yang telah terbukti menghasilkan biomassa lebih besar dengan kandungan minyak atsiri nilam lebih berkualitas. Namun untuk memelihara kesinambungan sifat unggul, program pendukungnya dalam artian penelitian berkelanjutan dan aplikasi di lapang menghadapi kendala  kesinambungan biaya. Selain itu juga SKPD Pemerintah Daerah belum sepenuhnya berfungsi, sehingga peran partisipatifnya kurang optimal. TRL belum ada.

Produk unggul lain adalah produk IRT yang dikembangkan penduduk  desa Kesamben berupa pewangi pakaian, fresh care yang saat ini telah bergulir secara komersial dalam skala yang sangat sederhana, dengan TRL sangat rendah.

PUREAA telah menghasilkan berbagai produk minyak atsiri dan produk turunannya antara lain :

  1. Nilam tetraploid (nilam unggul)
  2. Minyak Nilam
  3. Minyak Sereh wangi
  4. Teknologi budidaya tanaman Atsiri
  5.  Produk-produk diversifikasi minyak atsiri (aditif aromaterapi/parfume pada sabun mandi, sabun cuci tangan, pembersih lantai, body lotion)
  6. Kristal patchouli alcohol
  7. a-Guaiene
  8. Citronellal

Produk-produk diversifikasi minyak atsiri sesuai dengan point nomor 5 yaitu:

1. Minyak angin yang memiliki aroma berasal dari Essential Oil. Produk ini dapat membantu meringkankan mabuk perjalanan, pusing, masuk angin, sakit kepala, dan memberikan rasa hangat yang lebih lama.

2. Lilin Anti Nyamuk (LAN) yang bermanfaat untuk mengusir nyamuk biasa, nyamuk DB, lalat dan sekaligus pengharum ruang.

3. Pewangi pakaian dengan Fixative Essential Oil yang membuat aroma menempel lebih lama pada pakaian.

4. Sabun yang tidak mengandung Sodium laureth sulfat (SLES) yaitu foaming agent yang biasa digunakan pada produk komersial lain.

5. Pembersih lantai berbahan aktif Gum Rosin dan Citronella Oil yang terbukti memiliki daya hambat terhadap bakteri Salmonella Typhi lebih baik dibandingkan Benzalkonium Chloride (bahan aktif yang ada pada produk komersial lain).

6. Pembasmi serangga, bakteri dan jamur pada tanaman sayur, buah, tembakau, bahkan bunga.

7. Produk lainnya, Natural hand sanitizer, pure essential oil, natural perfume,nano soap for aromatherapy